Rabu, 25 Juli 2007

85% NOT GENUINE

Sebelum nantinya ada yang protes, sebaiknya saya sebut di awal saja kalau kadar keaslian dari tulisan saya 85% not genuine.
Kenapa 85%, ah ini asal saja, soalnya sangat sulit menentukan kadar keaslian suatu karya, apapun itu baik tulisan, seni atau yang lain.
Sebenarnya hampir tidak ada yang baru di dunia ini, karena semua merupakan pengulangan dari yang sudah ada, mungkin modifikasi sedikit, mungkin remix dari apa-apa yang sudah ada.

Tulisan ini, 100% hurufnya bukan ciptaan saya. Bahasa yang saya gunakan 100% bukan saya yang ngarang, susunan kata-kata seperti ini, pasti sudah ada yang pernah menulis.
Kalau saya membahas suatu topik, sangat mungkin ada orang lain yang pernah nulis juga, jadi tingkat keaslian tulisan saya, hanya 15% mungkin juga kurang.
Ah sudahlah, ini memang bukan tulisan ilmiah. Jadi kalau saja nanti ada yang mengklaim bahwa saya mengambil dari tulisan dia, saya akan mengiyakan saja.

Bahan tulisan saya, adalah dari apa yang saya baca, saya lihat, saya dengar dari khotbah atau dari ngaji ke guru-guru saya, saya rasa. Jika saya mengingat sumbernya akan saya sebutkan, jika tidak mungkin tidak saya sebutkan, tetapi jika ada yang mengklaim tulisan saya berasal dari tulisan dia, saya akan iyakan saja.

Tidak ada komentar: